Dalam upaya menyamakan persepsi dan pemahaman di kalangan penanggungjawab data EMIS di seluruh wilayah (Kanwil, PTAIN dan Kopertais) terhadap kebijakan pengelolaan data Pendidikan Islam melalui sistem pendataan EMIS yang
akurat, terpercaya dan tepat waktu maka sangat diperlukan perbaikan
struktur, kinerja dan penyediaan anggaran yang menunjang peningkatan
kualitas data, guna sebagai dasar pengambilan kebijakan dan perencanaan
program Pendidikan Islam.
"EMIS sebagai ujung tombak pengelolaan data
Pendidikan Islam dengan dukungan 33 Kantor Wilayah Kementerian Agama
Tingkat Propinsi, 53 PTAIN, dan 13 Kopertais,
maka sangat penting peranannya dalam upaya peningkatan kualitas
Pendidikan Islam," ujar Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Prof. Dr.
Phil. H. Kamaruddin Amin, MA dalam sambutannya di Bogor (11/11/13).
Koordinasi dan kinerja sistem informasi manajemen
pendidikan Islam (EMIS), baik daerah maupun pusat sangat dibutuhkan guna
memberikan data pendidikan Islam yang lebih berkualitas. Dikarenakan
tantangan dan peluang pengelolaan data yang terintegrasi maka peran data
EMIS sangat penting dalam mendukung kinerja
Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok
Pesantren, Direktorat Pendidikan Agama Islam dan Direktorat Pendidikan
Tinggi Islam, selain dalam Perencanan Program Pendidikan Islam.
"Dengan tuntutan kontribusi EMIS yang
semakin besar, maka akan ada usulan perubahan struktur pejabat di
bidang sistem informasi dan dengan demikian juga tersedia anggaran yang
lebih besar bagi terselenggaranya data Pendidikan Islam yang lebih
berkualitas," tambah Kamaruddin.
Dalam acara Workshop Pengelolaan Data dan Capacity
Building Pengelola Data Pendidikan Islam juga disampaikan pengembangan
sistem dan tata kelola pendataan EMIS. "Sehingga ke depan pengambilan kebijakan akan berdasarkan data EMIS, dan diharapkan data EMIS memberikan dampak perencanaan program dan anggaran yang reliable, credible dan visible," harap Kamaruddin dalam arahannya.
(sya/ra)
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !